.comment-link {margin-left:.6em;}

I Love Kittens
Free Graphics - MySpace/Xanga/Friendster

My blog is not talking about kittens. My blog is talking about my life. So why kittens?? Hmmm you know caused I love kittens ;-)

Wednesday, January 03, 2007

Cerita yang tertunda.....

Ini Cerita tertunda tentang Muktamar dan Perjalanan ke St Louis
Mungkin pernah dengar even itu setahun yang lalu. Ya...acara ini memang diadakan setahun sekali oleh Indonesian Moslem Society in America kerjasama dengan Malaysian Student. Bisa dibilang acara ini juga acara yang ditunggu-tunggu para sister dan anak2, selain siraman rohani juga liburan akhir tahun...kita bisa kopi darat dan anak2 senang karena menginap di hotel.

Tahun ini Muktamar diadakan tanggal 22-26 Desember 2006 di Sheraton Hotel St Louis, Missouri. Kira-kira 15 jam drive dari Herndon-Virginia. Awalnya agak ragu-ragu mau pergi atau nggak ya, karena harus drive cukup jauh. Tapi ngelihat semangat sister2 yang lain, jadi ikutan semangat deh.

Perjalanan munuju Muktamar
Berangkat dari Virginia jam 7.00 pagi. Dan hebatnya bisa pas jam 7.00 kita berangkat, anak2 juga gampang disuruh mandi dan siap2. Pagi2 mereka sudah bangun, tumben nih. Mungkin karena mereka juga exciting, apalagi dengan iming2 nginap di hotel.

Sepanjang perjalanan Hafiz sudah ribut " Where is the hotel? I wanna go to hotel" . Duh padahal perjalanan masih puanjang banget.

Jam 10 malam kita finally sampai di hotel. Hotelnya okeh nih...sampai kamar..pengennnya langsung bobo...terkapar..capek banget.

Hari pertama Muktamar
Diawali dengan Fajr Prayer bersama. Biar badan capek, karena hari pertama masih semangat nih, aku ikutan Fajr Prayer. Duh untungnya khutbahnya bagus, yang khutbah ust dari Yogya, Ust. Yunahar Ilyas. Lucu dan nggak ngawang2, jadi nggak bikin ngantuk.

Setelah breakfast, ketemu banyak sister2 walaupun beberapa kenal wajah nggak kenal nama. Tapi itu gunanya Muktamar menjadi kita semakin dekat aja. Acara pertama di hari pertama, beberapa ceramah di geser topiknya, jadi agak bingung juga. Tapi terus terang neh...hari pertama aku kebanyakan nongkrong di bazaar. Selain bantuin teman yang jualan beres2 di bazar..juga lirik sana sini...lihat barang2 bagus. Duh...perempuan ya..nggak bisa jauh dari shopping.

Tapi tetap gali ilmu di ceramah2 Muktamar nggak ketinggalan. Sempat mendengarkan ceramah Ust. Syamsi Ali tentang Pembinaan diri. Nah penting nih, ini kutipannya

" Peran orang tua sangat penting terutama ibu, karena orang tua tangan utama tarbiyah pertama dari Allah swt"
Tuch dengar para orang tua ya, hehehe. Katanya lagi tanamkan kalimat2 toyibah pada diri kita dan juga pada anak2, seperti Alhamdulillah, Masya Allah, Subhanallah. Kalimat2 ini cerminan Iman yang terproses dalam hati kita.
Sebenarnya banyak lagi kutipan2 penting dalam ceramahnya ustadz syamsi, yang bisa kita terapkan sehari-hari.
Hari Kedua Muktamar
Wah jadi rajin nih Sholat Subuh berjamaah, aku juga paksa anak2ku bangun subuh, juga Bomo. Aku bilang ceramahnya bagus lho, jangan sampai ketinggalan.

Hari ini hari Special buat para Sister...karena ada acara khusus buat para Sister. Dan istimewanya lagi urusan anak2 semua bapaknya yang nanganin...Intinya para Sister nggak mau diganggu nih. hihi.
Ceramah utama bagus banget, tentang "Membangun Citra Muslimah, Membentuk Pribadi Ummah". Ustadzah Sitaresmi memberikan ilustrasi karakter dari animal, pengetahuan baru terutama buat aku. Semoga dapat bocoran file-nya dari para sister ya..
Ada satu statement yang bikin aku berpikir terus sampai hari ini, bahwa
"Muslimah seperti ayat-ayat Allah yang berjalan, lakukan Islam reborn, perjuangan untuk menuju perubahan"
Photobucket - Video and Image Hosting
Hal yang membuat aku harus introspeksi diri, kayaknya aku masih sangat jauh dari cerminan seorang Muslimah (wah Confession di blog, ini kan kayak buka kartu di depan ribuan orang ya..)
Katanya elang itu melakukan reborn pada umur 40 tahun, masak harus nunggu 40 tahun sih, iya kalo bisa hidup sampai umur segitu. Duh..But that is my Vision.
Sesi pertama tentang Berkomunikasi efektif dengan anak. Wah ini tema yang tepat buat aku nih. Secara teori sih gampang ya, bagaimana berkomunikasi. Dulu waktu masih kerja...sok2 jadi guru komunikasi nih. Tapi bener lho kenyataannya 'wekkk' susah banget. Apalagi sama anak, duooh... syarat utama harus sabar banget. Dari sekian banyak hal yang aku dapat dari sesi pertama ini. Satu aja yang aku pegang nih..
" Kesalahan dan Perilaku Anak dibedakan, dan
Fokus pada Perilaku Anak, jangan pada Kesahalannya"

Sesi Kedua aku ikut Acupuncture class, karena sering dengar istilah acupuncture tapi belum tahu benar manfaat, asal usul dlsb.

Photobucket - Video and Image Hosting

Dan memang acara ini cukup menarik. Sampai semua orang minta ditusuk-tusuk. Hihihi... pengen ngerasaiin juga sih..kayak apa sih di acupunture, dan memang rasanya seperti di setrum, dan awalnya pegal banget. Kalo ikut sesi ini...benar deh acupuncture itu banyak banget manfaatnya. Dan yang paling penting itu

Manfaat Hidup Sehat, karena metode pengobatan apapun syaratnya Hidup Sehat.

Duh saking serunya sesi ini, sampai pada nggak mau tuh keluar ruangan ikut sesi berikutnya. Kasihan panitianya sampai manggil2in. Makasih ya teh Winny, aku ikutan di tusuk2 nih.

Hari Ketiga Muktamar
Hari ini mulai dari pagi sampai sore, aku nggak ikutan sesi. Aku seharian di pre-madrasah dan kebetulan juga siangnya aku bertugas di pre-Madrasah. Fun juga di pre madrasah, melihat perilaku anak2 yang berbeda-beda. Ada yang maunya sendiri, ada yang duduk mojok karena ngambek, ada yang main jotos2an dan ada yang minta keluar, pantesan aja mbak Susi kerepotan jagain anak2, apalagi hari pertama, yang aku tahu banyak anak2 yang lari keluar sendiri, Hafiz juga termasuk yang nggak bisa diam tuch. Pernah suatu saat di hari pertama aku ditelpon mbak Susi, " mbak..Hafiz kabur mbak". Kaget campur geli..ya ampun itu anak moga2 aja nggak sampai besar ya..suka kabur dari sekolah.

Sesi siang di Pre Madrasah hari ini, kita latihan menyanyi judulnya 'we love Muhammad saw'.

Photobucket - Video and Image Hosting

Habis itu Nap time. Tadinya kebayang akan susah banget ya suruh anak2 tidur siang. Tapi ternyata nggak juga tuch, akhirnya semua anak bisa tidur nyenyak. Terutama Hafiz, langsung ngorok deh.

Photobucket - Video and Image Hosting

Setelah tidur siang kira-kira 1 jam, mulai deh pada bangun satu-satu. Semua bangun dan kebelet pipis. Ibu2 volunteer satu per satu nganterin anak yang mau pipis, termasuk aku. Pertama nganterin putrinya teh Winny.. duh lucu banget. Sepanjang jalan mau pipis, sampai selesai, ngoceh terus. Dan emang dia nggak mau bobo, katanya lapar jadi yang lainnya bobo, dia duduk dipangkuan aku sambil makan cookies. Lucu banget deh.

Jam 4.00 selesai madrasah, buru2 deh ke acara ceramah, pada saat itu ceramah yang baru saja mulai ceramahnya ust. Syamsi Ali tentang Melatih diri menjaga lisan. Wah yang ini juga penting nih, apalagi buat cewe yang emang suka ngerumpi, kalo istilahnya Ust Syamsi Ali "gibah berjamaah" yang katanya ber gibah itu seperti memakan bangkai saudara sendiri...duh Naudzubilahi minjalik ya. Tapi gimana dong mencegahnya, kalo menurut ustadz ada 4 ; Meyakini bahwa segala sesuatu yang kita lakukan akan dipertanggung jawabkan kepada Allah; Melakukan Management Qalbu; Menjaga pergaulan dan Melakukan pembiasaan. Nggak ada yang aneh sih untuk mencegah ngerumpi, dan sepertinya kata2 klise aja, tapi susah lho ngelakuinnya.

Itu ceramah terakhir dari seluruh rangkaian acara Muktamar 2006. Salut deh buat para panitia yang mengusahakan acara ini bisa terselenggara, kerepotannya, dedikasinya sangat Ruarrrrrr Biasaaaa.

Jam 08.00 malam setelah dinner, malam persembahan dimulai. Acara pertama dari malam persembahan sesuai dengan pesanan persembahan dari anak2 pre madrasah dulu. Itu aja menjelang mereka manggung..duuhhh ngejagain mereka supaya nggak berlarian susah banget hihihi...padahal panggung belum siap.

Photobucket - Video and Image Hosting

Tapi akhirnya bisa juga mereka diatur. Lirik lagunya bagus banget

We love Muhammad, oh yes we do He is our prophet, to him we're true Blessed Rasullulah, it's you. Muhammad we love you Salallahu ala Muhammad, sallalahu alaihi wassalam Peace and blessings be upon him Oh Allah please give him peace. We love Muhammad, called Al-Amin. He was the greatest man you’ve ever seen. He came to teach us Allah’s deen Muhammad Al-Amin

Photobucket - Video and Image Hosting

3 hari di Muktamar kayaknya cuma sebentar banget, nggak terasa. Padahal belum pulih rasa capek perjalanan menuju St Louis.

Banyak banget manfaatnya ikut Muktamar ini..dari dapat ilmu dan yang paling menyenangkan memang acara kopi darat, karena yang selama ini cuma chatting dan email..eh bisa ketemu. Ini nih..hasil jepretan temanku Roro, yang awalnya teman di blogger. Eh bisa kopi darat di Muktamar...asyik kan...

Photobucket - Video and Image Hosting

Photobucket - Video and Image Hosting

Belum lagi reunian dengan teman2 nun jauh, dari West Coast sampai East Coast...ibaratnya kalo di Indonesia dari Sabang sampai Merauke...hehehe

Anak2 juga banyak dapat teman baru, nih sobat barunya Hafiz dan Amara. Duh lengket banget mereka kayak perangko hehe...Temannya Hafiz namanya Adra, kalo Adra nggak ada, Hafiz nangis2 tanyain Adra. Sampai sekarang di rumah nanyain terus hehehe...

Photobucket - Video and Image Hosting

Photobucket - Video and Image Hosting

Hari Keempat Muktamar

Ini hari terakhir Muktamar, seperti hari2 sebelumnya ikutan sholat subuh berjamaah. Ditengah2 Tazkirah, para sister berlarian keluar ruangan sholat. Duh ada apa ya... "Inalillah wa inalillahi rojiun", ternyata ada teman kita yang mendapat cobaan, ayahanda teh Winny baru saja meninggal dunia di Indonesia. Turut berduka cita teh Winny, semoga arwah ayahanda mendapat tempat yang terbaik disisi Allah swt, dan teh Winny dan keluarga sabar dan tabah menghadapi cobaan ini. Pada saat itu hampir semua sister di ruangan sholat memeluk dan memberi kekuatan kepada teh Winny.

Perjalanan Pulang

Tanpa sempat berucap pamit ke teman2 Muktamar, kita berangkat pulang jam 08.00 pagi. Maaf ya sister2 di Muktamar nggak pamit nih. Sekali lagi ruaaarrrr biasa acaranya.

Maaf lahir bathin kalo ada perilaku dan kata2 yang kurang baik datang dari kami sekeluarga. Buat para sister yang menjaga madarasah, terimakasih banyak udah bantu jagain Hafiz :-), buat mbak Susi , mbak Martha dan sister yang lainnya duh sabaaaarrr banget hadapin tingkah anak2, dan mbak Vivi Janggam..maaf ya duh masih keiingat tuch sikap Hafiz yang kurang baik ke mbak. Insya Allah tahun 2007 Allah memberikan kesempatan untuk kita bertemu lagi dalam keadaan yang sehat walafiat tanpa kekurangan sesuatu apapun.

Arch St Louis

Seperti rencana kami, sebelum benar2 pulang ke Virginia, kita menyempatkan diri mampir ke Arch St Louis yang terkenal itu. Lihat sana foto sini...wah dipuas2in deh pokoknya. Karena masih pagi, masuknya nggak ngantri dan belum banyak orang. Kita juga sempat naik ke atas Arch, "Journey to the Top". Kita masuk seperti Lift (kapsul kecil) terus naik keatas.

Photobucket - Video and Image Hosting

Dan diatas Arch ada jendela2 kecil untuk melihat kota St Louis dari atas.

Photobucket - Video and Image Hosting

Photobucket - Video and Image Hosting

Setelah itu jalan2 keliling museum. Cukup menarik museumnya. Memang cerdas Amerika itu, mereka selalu saja bisa membuat museum itu menarik untuk dikunjungi.

Photobucket - Video and Image Hosting

Nggak cuma menarik dikunjungi orang dewasa tapi anak2 juga. Duh kebayangkan seperti apa museum di Jakarta, seperti benda2 mati disimpan disebuah ruangan besar. That's it.

Photobucket - Video and Image Hosting

Setelah dari Arch St Louis, kita ke Magic House. Anak2 benar2 nggak sabar pengen ke tempat ini. Sampai di ajak makan siang aja nggak mau..maunya langsung ke sana. Duuuhhh....

Magic House

Photobucket - Video and Image Hosting

Hmm tempat yang benar2 Fun buat anak, sampai Hafiz dan Amara nggak mau pulang.

Photobucket - Video and Image Hosting

Photobucket - Video and Image Hosting

Sampai Magic House mau tutup dan memang dipaksa harus pulang hihihi. Jam 06.00 sore kita berangkat menuju Virginia.

Perjalanan dan pengalaman yang menyenangkan.................