.comment-link {margin-left:.6em;}

I Love Kittens
Free Graphics - MySpace/Xanga/Friendster

My blog is not talking about kittens. My blog is talking about my life. So why kittens?? Hmmm you know caused I love kittens ;-)

Tuesday, March 21, 2006

Tararahu..tahu..tahu....

Hmmm tahu sumedang...Membayangkan tahu pong dimakan panas2 pakai cabe rawit hmm enak banget ya. Jadi inget emang2 yang jualan tahu pong di pasar Tradisional. Wuiiihhh...

Minggu ini acara Madrasah di Maryland, di isi acara pembuatan Tahu Sumedang. Pengajarnya orang Jawa Barat pak Aang yang tinggal di Seatle. Jauh2 ke Amerika...eh masih ngiler aja dengar nama Tahu..or Tofu.. whatever....


Kita semua udah tahu ya yang namanya Soya Bean itu sehat banget, mau dibuat Soy Milk, Tahu, Tempe, Oncom. Pokoknya sehat aja.

Buat tahu juga nggak susah-susah banget, cuma ya itu dia, suka malas ya, karena musti menyaring dan mencetak. Tapi bagi yang "mau tahu cara buat tahu" tuch bingungkan makanya jangan sok tahu hehehehe... Gini nih caranya.

Bahannya
-Kacang kedelai
-Air Aqua (Spring water)
-Cuka

Caranya
- Kacang kedelai dibersihkan kemudian di rendam selama 8 jam.
Karena tahu itu 80% kandungannya air, maka digunakan spring water atau air kemasan.
- Kemudian setelah 8 jam rendaman air kedelai di Blender sampai halus
- Setelah itu di godog sampai matang
- Setelah digodog, disaring dengan menggunakan kain dan saringan seperti contoh di foto

- Setelah disaring, ampas kacang kedelai bisa dijadikan tempe atau oncom. Sedangkan air perasan dipisahkan untuk diolah menjadi tahu.

- Air perasan kedelai ini selain diolah menjadi tahu, dinamakan juga soy milk, bisa langsung diminum dengan menambahkan honey atau coklat syrup atau sesuai selera

- Air perasan yang akan dibuat tahu dicampur dengan air + cuka hangat. Air digodog sampai suam2 kuku/hangat lalu ditambah cuka banyaknya sesuai selera. Setelah itu didiamkan hingga mengental.

Bisa juga diproses ini ditambahkan kunyit jika ingin tahu kuning, atau bumbu lain seperti daun bawang atau bumbu yang bikin tahu tambah gurih.

Pas proses ini pembuatan tahu sering gagal, karena kemungkinan air cuka sudah mendingin, jadi endapan tahu seperti pecah tidak bisa padat. Kalo udah begini jangan dibuang, alternatifnya bisa dibuat Sop tahu aduh namanya apa ya lupa. Enak juga lho sop tahunya seger banget. Kalo mau tahu cara buat sopnya hehehe... Ntar ditanyain deh ke pak Aang.. Rasa sop tahunya kalo pernah makan di hoka hoka bento, nah ada sopnya kan, seperti gitu tuh rasa sopnya.

- Setelah terlihat mengental di cetak didalam box yang berlubang dialasi kain, sehingga endapannya bisa jadi tahu, dan menghilangkan sisa air yang ada. Endapan tahu didiamkan sampai padat.

Nah sekarang udah tahu kan cara buat tahu, jadi nggak sok tahu lagi. Gampang kan hehehe.. Buat gih..nanti kirim2 ke aku ya... hihihi....